Kamis, 19 Agustus 2010

Perhitungan Unjuk Kerja Kompresor Torak

1. Kapasitas Sebenarnya.
Dalam perhitungan kapasitas kompresor torak ditunjukan dalam jumlah volume gas/udara yang sebernarnya yang masuk pada setiap tingkat kompresor permenit dengan satuan Actual Cubic Feet per Minute (ACFM) atau Inlet Cubic Feet per Minute (ICFM).
Kapasitas kompresor dapat dihitung dengan menggunakan persamaan:
Untuk Duplex Double Acting:

Dimana:

Efisiensi Volumetrik

Efisiensi volumetrik adalah perbandingan antara kapasitas yang masuk ke dalam silinder dengan kapasitas perpindahan torak. Efisiensi volumetrik dipengaruhi oleh:
- Clearance silinder.
- Perbandingan tekanan.
- Faktor kompresibilitas.
Untuk kondisi sesungguhnya dimana terjadi losses pada katup masuk dan keluar sebesar 3 %, maka efisiensi volumetrik dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:






2. Daya Gas Kompresor (GHP)

Daya kompresor adalah daya poros yang digunakan untuk memampatkan gas dalam silinder, yang dirumuskan : Daya = Kerja tiap satuan waktu.
Disini daya gas kompresor dihitung dengan proses politropik, yaitu pemampatan gas yang berlangsung pada keadaan dimana seluruh parameter berubah. (mendekati kondisi actual). Daya kompresor reciprocating satu tingkat (Single Stage) dihitung dengan rumus sebagai berikut :


a. Gas Horse Power (GHP) :

b.Compressor Horse Power (CHP)

Related Posts by Categories



8 komentar:

  1. pak itung2an efisiensinya berdasarkan literatur mana.. aku maw meninjau yang eff volumetris.. aku udah pernah baca buku nya n langkah2nya sama persis.. tapi yng aku tanyakan. sebenarnya definisi dari efisiensi volumetris itu bagaimana kok dari cara perhitungan tidak membahas mengenai volume gas yang terkompresikan...??? thx

    BalasHapus
  2. pak budi yang terhormat.. mnta tolong juga comment saya di balas di emails aya juga yaa... thx
    its.almusana@gmail.com

    BalasHapus
  3. ada data gas kaji pak ngobud....?

    BalasHapus
  4. untuk menghitung efisiensi volumetrik/volume udara yang real masuk kedalam silinder ( saat proses Hisap ) nya gimana bos, kemudian apakah udara yang sudah masuk ke dalam silinder mempunyai tekanan yang lebih rendah dari tekanan udara yang berada dluar silider ( lingkungan ), mohon di jawab ke e-mail mas_muin@yahoo.com, saya tunggu, makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  5. apa ini sama untuk semua jenis kompresor mohon penjelasanya, dan klo bisa mohon dijawab ke email faizaludaz@gmail.com

    BalasHapus
  6. pada keadaan politropik bagaimana cara menghitung efisiensi mekanik dan efisiensi transmisinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas anggeo sudah saya kasih tau kan ya tadii

      Hapus

offsetWidth); }