Jumat, 03 September 2010

Komponen Utama Compressor dan Fungsinya

1.Kerangka (frame)
Fungsi utama adalah untuk mendukung seluruh beban dan berfungsi juga sebagai tempat kedudukan bantalan, poros engkol, silinder dan tempat penampungan minyak pelumas.

2.Poros engkol (crank shaft)
Berfungsi mengubah gerak berputar (rotasi) menjadi gerak lurus bolak balik (translasi).

3.Batang penghubung (connecting rod)
Berfungsi meneruskan gaya dari poros engkol ke batang torak melalui kepala silang, batang penghubung harus kuat dan tahan bengkok sehingga mampu menahan beban pada saat kompresi.

4. Kepala silang (cross head)
Berfungsi meneruskan gaya dari batang penghubung ke batang torak. Kepala silang dapat meluncur pada bantalan luncurnya.

5. Silinder (cylinder)
Berfungsi sebagai tempat kedudukan liner silinder dan water jacket

6. Liner silinder (cylinder liner)
Berfungsi sebagai lintasan gerakan piston torak saat melakukan proses ekspansi, pemasukan, kompresi, dan pengeluaran.

7. Front and rear cylinder cover.
Adalah tutup silinder bagian head end/front cover dan bagian crank end/rear cover yang berfungsi untuk menahan gas/udara supaya tidak keluar silinder.

8. Water Jacket
Adalah ruangan dalam silinder untuk bersirkulasi air sebagai pendingin

9. Torak (piston)
Sebagai elemen yang menghandel gas/udara pada proses pemasukan (suction), kompresi (compression) dan pengeluaran (discharge).

10. Cincin torak ( piston rings)
Berfungsi mengurangi kebocoran gas/udara antara permukaan torak dengan dinding liner silinder.

11. Batang Torak (piston rod)
Berfungsi meneruskan gaya dari kepala silang ke torak.

12. Cincin Penahan Gas (packing rod)
Berfungsi menahan kebocoran gas akibat adanya celah (clearance) antara bagian yang bergerak (batang torak) dengan bagian yang diam (silinder). Cincin penahan gas ini terdiri dari beberapa ring segment.

13. Ring Oil Scraper
Berfungsi untuk mencegah kebocoran minyak pelumas pada frame

14. Katup kompresor (compressor valve)
Berfungsi untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran gas/udara, kedalam atau keluar silinder. Katup ini dapat bekerja membuka dan menutup sendiri akibat adanya perbedaan tekanan yang terjadi antara bagian dalam dengan bagian luar silinder.


Note:
untuk gambar detail dan fungsi komponen dapat di perjelas kembali bila ada yg perlu penjelasan .... :))

Related Posts by Categories



6 komentar:

  1. pak budi thx buat artikelnya..
    maw diskusi kalo bagian suction kompressor, discharge, klem dan aksesoris korosi di bawah bordesk.. maintenancenya gimana.. trus pengaruhnya dari komponen yang saya sebutkan tadi itu apa???
    thx

    BalasHapus
  2. dab juga pemeliharaan liner itu maksudnya gimana, baut sama blind flange korosi itu pengaruhnya apa??
    masih ga paham juga tentang gasket dan blind flange, mohon dijelaskan pak??

    hunger di kompresor itu apa ya pak?

    BalasHapus
  3. pak budi yang terhormat.. mnta tolong juga comment saya di balas di emails aya juga yaa... thx
    its.almusana@gmail.com

    BalasHapus
  4. keren pak
    sangat membantu dalam tugas2 kuliah saya

    BalasHapus
  5. terima kasih pak budi....
    smoga tuhan membajas jasa baik bapak dengan meng-share ilmu melaui artikel2 bapak yang keren.....

    BalasHapus
  6. butuh screw air compressor started : 20 HP - 150 HP merek FUSHENG untuk informasi lebih jelas dan harga bisa menghubungi saya di

    PT. Best sun technology indonesia
    jl. raya MH.Thamrin No 6 cikokol, tangerang
    tlpn :021 55700321
    hp : 08111040246 / 081370212978
    email : david030978@gmail.com

    BalasHapus

offsetWidth); }